Edit

About Us

We must explain to you how all seds this mistakens idea off denouncing pleasures and praising pain was born and I will give you a completed accounts off the system and expound.

Contact Info

 Operasi Hidung (Rhinoplasty): Apa Yang Harus Anda Ketahui?

Apa Itu Rhinoplasty?

Istilah rinoplasti yaitu operasi yang dilakukan pada hidung. Pasien mungkin menjalani operasi hidung untuk meningkatkan kemampuan bernapas atau mengubah penampilan hidung. Operasi hidung adalah prosedur khusus, jadi memilih ahli bedah yang berpengalaman sangatlah penting. 

Ada dua teknik operasi hidung, biasanya disebut tertutup atau terbuka. Dalam operasi hidung tertutup, semua sayatan dibuat di dalam hidung, tidak meninggalkan bekas luka yang terlihat. Dan untuk operasi hidung terbuka, ahli bedah membuat sayatan kecil di antara lubang hidung di area yang disebut columella untuk mendapatkan akses ke berbagai area hidung untuk operasi.

Resiko Yang Mungkin Terjadi

Seiring dengan risiko yang umum terjadi pada semua jenis operasi (kehilangan sensasi, infeksi, risiko anestesi, dan pendarahan), risiko lainnya dalam operasi hidung seperti:

  • Asimetri: Operasi hidung adalah prosedur yang rumit dan terspesialisasi tinggi, dan hasilnya mungkin tidak simetris sempurna.
  • Hidung berair atau kering: Pembedahan dapat mempengaruhi fungsi saluran napas hidung dan menghasilkan sensasi yang tidak diinginkan.
  • Memar di bawah mata sering terjadi setelah operasi hidung, tetapi ini akan sembuh saat hidung Anda mulai sembuh. Terkadang operasi revisi diperlukan untuk memperbaiki masalah yang muncul setelah operasi hidung. Memilih ahli bedah berpengalaman yang memiliki spesialisasi dalam operasi hidung akan membantu mencegah komplikasi atau hasil yang tidak memuaskan.

Tujuan Operasi Hidung

Ada beberapa alasan untuk pasien melakukan operasi hidung, seperti

  • Alasan estetika (membawa keseimbangan atau simetri pada wajah, mengubah bentuk hidung)
  • Cacat lahir yang perlu diperbaiki
  • Masalah pernapasan, termasuk apnea tidur
  • Tulang hidung patah
  • Perawatan kanker, luka bakar, atau cedera traumatis yang memengaruhi penampilan atau fungsi hidung
  • Septum yang bengkok

 

Operasi hidung dapat sangat meningkatkan citra diri dan kualitas hidup Anda, terlepas dari apakah itu kebutuhan medis, estetika, atau lainnya. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk mencari ahli bedah yang berpengalaman dalam prosedur ini dan akan mendengarkan preferensi Anda! Setelah Anda mengubah penampilan, Anda bisa berbagi pengalaman atau merahasiakannya. Tidak ada alasan untuk merasa tertekan untuk menjelaskan diri Anda kepada orang lain. Biarkan kepercayaan diri Anda berbicara sendiri saat Anda menikmati manfaat dari operasi hidung yang luar biasa.

 

Sumber : verywellhealth